Translate

Menikmati Desember Dengan Cinta Di Toraja dalam Acara Lovely December

Bulan Desember sedang kita jalani bersama saat ini. Di beberapa daerah hujan terus mengguyur dengan beragam intensitas. Mulai yang rintik-rintik, sedang hingga hujan deras. Banyak wilayah yang tadinya kekeringan dan sekarang malah kelimpahan air, sehingga menyebabkan luapan di sungai yang berakibat pada banjir. Ada yang terkena banjir bandang, ada pula yang tertimpa bencana tanah longsor.

Bulan Desember memang masuk di dalam musim penghujan bagi kita yang tinggal di Indonesia. Bulan ini juga menjadi yang terakhir dalam kalender, karena kita akan segera memasuki tahun yang baru di bulan Januari.

Bulan desember identik dengan perayaan Natal bagi umat Kristen, dimana pada bulan ini bagi sebagian besar orang Kristen diperingati sebagai hari kelahiran Yesus Kristus sang juru selamat. Di negara-negara Eropa dan Amerika bagian utara, bulan desember identik pula dengan musim salju, dimana hiasan natal biasanya diberi ornamen yang menggambarkan salju yang turun dan menutupi lingkungan disekitar, seperti pohon, rumah, halaman dan berbagai tempat lainnya.

Di Toraja (Tana Toraja dan Toraja Utara) bulan desember juga dirayakan dengan meriah. Sejak beberapa tahun lalu pemerintah daerah membuat suatu event yang disebut Lovely December, dimana dalam kegiatan ini dilaksanakan berbagai acara. Mulai yang tradisional sampai moderen, upacara kematian, ada pula lomba paduan suara, lomba dayung, balap sepeda, fotografi, lomba menangkap belut, pameran kerajinan tangan khas Toraja, lomba lari dan masih banyak lagi. Kegiatan ini diselenggarakan selama bulan desember atau sebulan penuh dan biasanya diakhiri dengan pesta kembang api pada saat perayaan malam tahun baru.

Acara Lovely December, selain untuk kegiatan perlombaan, tentu bertujuan juga untuk meningkatkan pariwisata sehingga menarik kedatangan para tourist, baik lokal maupun mancanegara. Sehingga dengan adanya kegiatan ini akan semakin meningkatkan tingkat hunian hotel serta naiknya jumlah kunjungan wisatawan ke Toraja. Hal itu juga tentu akan meningkatkah perekonomian warga Toraja.

Lovely December diharapkan menjadi salah satu event tahunan yang menarik untuk anda kunjungi jika ingin menghabiskan akhir tahun sambil menyaksikan beragam lomba serta seni budaya tradisional khas suku Toraja yang unik.
Lovely December (photo: jelajah.co)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar