Translate

Makan Bakso Kelereng Di Sore Hari

Saya baru pulang dari gereja ketika diajak mampir untuk belanja di indomaret. Kebetulan sore ini cuaca mendung sejak hujan mengguyur dari tadi pagi, sementara saat ini rintik-rintik. Saya tidak ikut masuk ke dalam toko dan memilih untuk menunggu di luar. Sambil duduk diatas sadel motor, saya mengeluarkan smartphone untuk browsing dan baca berita di berbagai situs. Saat sedang bersantai mata saya tertuju pada jualan makanan yang mangkal di sudut halaman toko. Dari jauh saya perhatikan seorang ibu dan anaknya sedang mengambil makanan bulat-bulat dari dalam panci dan memasukkan ke dalam plastik transparan seukuran bungkus gula pasir.

Bakso kelereng dalam penggorengan
Beberapa saat kemudian kegiatan belanja di dalam toko sudah selesai, saya pun bersiap untuk memutar motor menuju rumah. Ternyata jualan makanan tadi membuat saya tertarik. Saya lalu pergi mendekat, ternyata makanan bulat-bulat yang diambil oleh si ibu dari dalam panci adalah bakso. Ada bakso berukuran standar seperti yang umum dijumpai pada penjual bakso gerobak maupun yang dijual di warung. Tetapi ada juga bakso yang berukuran kecil, kira-kira sebesar kelereng. Di dalam panci itu ada juga tahu berisi bakso yang sudah digoreng.

Bakso standar dan bakso kelereng
Ada dua cara menikmati bakso tadi, pertama ambil plastik untuk wadah makan lalu masukkan bakso yang diinginkan. Terserah mau ukuran standar atau kecil. Bisa juga ditambah dengan tahu goreng tadi jika anda suka. Setelah bakso dan tahu berada di dalam wadah lalu tuangkan saos sambel, tomat, dan kecap. Nah jangan lupa masukkan juga kuah kacang karena ini merupakan bumbu utama yang membuat makan bakso jadi lebih nikmat. Sekarang ambil potongan bambu yang sudah diruncingkan, ini berguna untuk mengambil bakso dan tahu dari dalam plastik. Cara menikmati bakso kelereng kedua yaitu pilih bakso yang diinginkan lalu berikan pada si penjual untuk dicampur dengan adonan tepung, telur serta daun bawang. Adonan ini seperti pada adonan martabak. Penjual lalu mmasukkan adonan tadi pada wadah penggorengan yang berbentuk bulatan-bulatan, seperti wadah kue cubit. 
Setelah adonan bakso goreng tadi sudah matang kemudian dimasukkan ke dalam plastik seperti cara mencampur bakso bagian pertama tadi. Nah kini saatnya menikmati bakso kelereng. Bakso ini rasanya gurih apalagi dicampur dengan kuah kacang.

Menikmati bakso kelereng 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar