Translate

Vespa dan Penggemarnya

Tahun berapakah motor Vespa pertamakali dibuat? Itulah pertanyaan yang ada di pikiran saya saat ini setelah melihat foto-foto acara Mods Mayday tahun 2016 lalu di Monumen Mandala Makassar. Dari Wikipedia saya mendapatkan jawaban bahwa motor Vespa diproduksi pada tahun 1946 oleh Piaggio & Co S.p.A. di Pontedera, Italia

Vespa dalam bahasa Italia berarti lebah. Motor ini biasa juga disebut skuter

Vespa dalam bahasa Italia berarti lebah. Entah kenapa motor ini disamakan dengan lebah, apakah karena pada bagasi di bagian belakang yang menggelembung, ataukah lampu depannya yang bulat menyerupai kepala lebah? Entahlah, suka-suka pembuatnya saja. Yang pasti hingga hari ini vespa adalah salah satu jenis motor yang paling keren menurut saya. Bentuknya yang unik dan kesan santai tampak dari motor ini. Motor jenis ini memang lebih cocok dipakai untuk jalan-jalan santai daripada digunakan untuk kebut-kebutan di jalan raya. Meskipun dulu saya pernah menyaksikan lomba balap Grass Track yang menampilkan kelas khusus motor vespa. 


Sebuah motor vespa yang digambar airbrush tokoh wayang 

Saya menyukai motor vespa karena sejak kecil sering diajak bepergian naik motor oleh ayah. Beliau pertamakali beli motor jenis Vespa Sprint 150, hingga pensiun bekerja tidak pernah mengganti motornya dengan merek lain. Motor vespa itu sekarang masih ada dan tersimpan di dalam gudang. Uniknya motor vespa model lama saat diisi bahan bakar jenis premium harus dicampur dengan sedikit oli supaya pembakarannya lancar.


Vespa hasil modifikasi bisa memuat banyak penumpang
Saat ini kita masih sering menjumpai berbagai jenis vespa lalu lalang di jalan raya, mulai dari model lama sampai keluaran terbaru. Motor vespa model lama banyak yang dimodifikasi sehingga tampilannya jadi lebih unik. Ada yang ditambah rodanya menjadi tujuh, satu di depan, lalu tiga disamping kiri belakang dan tiga di kanan. Ada lagi yang aneh bagian belakang vespa dibuat melebar lalu dipasangi tiang kayu dan atap rumbiah. Selain itu ada juga vespa yang dibuat rendah atau ceper lalu setang dibuat tinggi dan shock breaker depan dibuat panjang. Masih banyak lagi jenis modifikasi motor vespa lainnya dan menurut saya itu hanya dilakukan oleh penggemar vespa di Indonesia. Itulah keunikan vespa dan pemilik serta penggemarnya.

Vespa unik dengan 7 roda

Vespa yang sekaligus bisa berfungsi sebagai gazebo

Vespa ramah lingkungan dengan lantai yang terbuat dari bambu





Tidak ada komentar:

Posting Komentar