Translate

Lensa Panjang Pada Finepix HS50EXR

Memotret merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan. Hal itu pula yang membuat instagram menjadi aplikasi foto terpopuler di dunia yang sudah digunakan oleh ratusan juta orang. Semua itu karena begitu banyak orang yang ingin menampilkan hasil pemotretan mereka untuk dilihat, dikomentari atau dikasi bintang oleh orang lain.

Memotret bisa dilakukan dengan kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR), kamera pocket atau handphone. Pada masa sekarang perkembangan teknologi sedemikian canggih sehingga kualiatasf gambar yang dihasilkan oleh kamera handphone sudah hampir menyamai kualitas kamera DSLR pemula.

Saya menggunakan kamera Fujifilm seri HS50EXR untuk keperluan memotret. Salah satu yang menggoda saya untuk menggunakan kamera ini karena jangkauan lensanya yang panjang. Meskipun tidak bisa dilepas tukar dengan lensa lain, tetapi menurut saya sih dengan rentang lensa yang bisa menjangkau 1000 mm sudah lebih dari cukup yang saya butuhkan. Dalam dunia fortografi lensa dengan jangkauan yang panjang seperti ini biasa disebut dengan sapu jagad, dimana lensa bisa digunakan untuk pemotretan obyek yang dekat, sedang dan jauh atau tele zoom.

Pada posisi wide atau bukaan lebar, lensa pada kamera Finepix HS50EXR berada pada 24 mm. Untuk pemotretan dengan mode super makro bisa mendekati obyek pada jarak 1 cm. Jarak yang sangat dekat tentunya. Bukaan aperture pada f 2.8 untuk wide angle dan f 5.6 pada posisi telephoto. Suatu kombinasi yang cukup menyenangkan saat kita sedang traveling ke suatu tempat yang terkadang tidak bisa diprediksi seberapa dekat atau seberapa jauh sebuah obyek untuk diporet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar