Translate

Jadi Tentara

Dari sekian banyak cita-cita yang diinginkan pada masa anak-anak, salah satunya adalah tentara selain dokter, insinyur, guru, polisi atau presiden sekalipun. Anak-anak selalu bersemangat ketika menyebut cita-citanya ingin jadi tentara.

Tentara memang identik dengan sosok yang gagah, kuat dan tegas. Mereka memang menjadi garda terdepan sebagai kekuatan pertahanan dari suatu negara. Dalam berbagai pertempuran, tentara memiliki beragam kisah perjuangan yang heroik.

Lalu bagaimana dengan tentara Indonesia alias TNI? Dari 126 negara yang disurvei, situs Global Fire Power, mereka menempatkan tentara Indonesia di peringkat 12 sebagai salah satu kekuatan militer yang disegani di seluruh dunia. Posisi Indonesia berada di bawah Israel peringkat 11 dan diatas Australia di posisi 13. Indonesia memiliki militer yang terkuat di Asia Tenggara.
Posisi pertama masih ditempati Amerika Serikat, tempat kedua Rusia dan ketiga Cina.

Saya teringat dengan salah seorang teman, di tahun 2002 lalu pernah mendaftar untuk ikut seleksi menjadi pasukan marinir Amerika Serikat yaitu USMC. Ia sangat ingin masuk jadi tentara disana. Tetapi karena persyaratan yang begitu ketat akhirnya teman saya ini tidak dapat melanjutkan cita-citanya untuk menjadi seorang marinir.

Saking terobsesinya menjadi pasukan marinir, teman saya ini selalu berpakaian ala militer angkatan laut Amerika tersebut. Mulai dari seragam loreng, sepatu, kaos, topi bahkan rim, selalu ada logo USMC disitu.
Sayang juga sih, padahal di dalam pasukan marinir Amerika itu prajuritnya berasal dari berbagai negara.

Namun demikian, kenapa kawan saya tadi tidak melamar di angkatan laut Indonesia? Toh marinir Indonesia tidak kalah hebat dan tanaguh dibanding marinir Amerika, mereka bahkan selalu latihan bersama di Pasuruan atau Situbondo Jawa Timur.

Untuk sejarah TNI silahkan baca disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar