Translate

Belimbing Yang Bertahan

Sekitar lima bulan yang lalu, pohon belimbing yang ada di depan rumah kami dipangkas dahan dan rantingnya. Bahkan pohonnya dipotong hingga menyisahkan setengah batang saja.
Secara kasat mata kondisi itu akan berpengaruh terhadap kelangsungan hidup si pohon belimbing, karena ia sudah kehilangan setengah dari batangnya. Lalu hidup tanpa daun pula. Yang saya ketahui bahwa daun pada sebatang pohon sangat berguna untuk memproses nutrisi yang telah diisap dari dalam tanah. Bahasa sederhananya, daun berfungsi sebagai tempat untuk memasak makanan dengah bantuan sunar matahari.

Jadi bisa dibayangkan bahwa kelangsungan hidup pohon belimbing itu tidak akan lama lagi. Kemungkinan besar akan layu, kering dan akhirnya mati. Semua itu akibat pemangkasan setengah dari pohon yang sudah dilakukan beberapa bulan lalu.

Akan tetapi alam berkata lain. Ternyata setelah berbulan bulan, pohon belimbing tetap hidup dan berdiri tegak. Hebatnya lagi, belimbing itu justru berbuah dengah lebat meskipun tanpa daun yang sudah tidak tumbuh lagi.

Saya tidak paham tentang pertanian apalagi tumbuh tumbuhan. Tetapi mungkin karena akar pohon belimbing sudah tertanam lebih dalam sehingga ia bisa bertahan sekian bulan. Mungkin juga tanah tempat tumbuhnya memiliki banyak unsur nutrisi yang dibutuhkannya. Sehingga masih bisa berbuah sampai sekarang. Ternyata tanaman saja terus berjuang untuk bertahan hidup. Jadi malulah jika ada orang yang cepat putus asa dalam hidupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar