Translate

Membangun Di Musim Yang Tepat

Di depan rumah tempat tinggal kami, seorang tetangga sedang membangun rumah barunya. Rumah tersebut rencananya akan dibangun dua lantai. Lantai bawah terdiri dari teras, garasi, ruang tamu, ruang makan, dapur, kamar mandi, kamar tidur tamu dan kamar tidur sang pemilik rumah. Sementara di lantai dua akan dibuat empat kamar tidur, kamar mandi serta tempat jemuran. Jadi rumah dua tingkat yang akan dibangun ini tentu saja memiliki bentuk yang besar. Selain itu pondasi rumah sudah ditinggikan sebab pemiliknya kuatir akan kebanjiran saat musim hujan tiba.

Yang menarik perhatian saya adalah waktu pengerjaan rumah yang berbeda dari biasanya. Setiap orang tentu ingin membangun dan memperbaiki rumahnya, entah itu rumah baru atau rumah sebelumnya yang direnovasi. Adapun waktu pengerjaan rumah bagi kebanyakan orang biasanya dipilih saat musim kemarau atau musim kering dengan pertimbangan proses pengerjaan rumah tidak akan terganggu oleh genangan air hujan, selain itu material bangunan juga tidak akan mengalami kerusakan akibat terendam air. Biasanya pembangunan rumah ramai dilakuakn antara bulan Mei sampai September atau paling telat Oktober. Sementara tetangga kami ini justeru mulai mengerjakan pembangunan rumahnya di bulan November.

Bagi kita yang tinggal di Indonesia, tentu sudah terbiasa dengan musim hujan dan kemarau. Musim hujan biasanya dimulai pada bulan Oktober, bahkan kita sering dengar pendapat orang-orang yang mengatakan bahwa musim hujan akan dimulai pada bulan yang berakhiran "ber" seperti September dan seterusnya. Adapun musim hujan biasanya berlangsung sekitar empat atau lima bulan yang puncaknya terjadi di bulan Februari atau Maret tahun depan. Setelah itu akan terjadi peralihan cuaca untuk memasuki musim kemarau yang biasanya di bulan April atau Mei.

Nah jika kita ingin efisien dalam membangun rumah, tentu tidak sekedar memperhitungkan biaya pembangunan saja tetapi juga waktu pelaksanaan membangun yang perlu dicermati, agar pekerjaan bisa berjalan dengan baik dan tidak terkendala dengan cuaca. Selain itu pekerjaan bisa dilakukan dengan cermat dan tidak terburu-buru karena harus berpacu dengan perubahan cuaca yang bisa menghalangi pekerjaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar