Translate

Duckduckgo Katanya Aman Untuk Browsing

Sejak mulai memakai ponsel android beberapa tahun lalu, saya selalu menggunakan browser mobile untuk mencari informasi di internet. Browser bawaan ponsel ataupun diinstall sendiri.

Dulu kriteria saya menggunakan browser adalah akses data internetnya cepat tetapi kalau bisa hemat pula 😄 

Saya sudah menggunakan beragam browser seperti Chrome, Puffin, Firefox, Dolphin, Maxthon hingga yang berukuran kecil seperti Via.

Lalu seiring berjalannya waktu, kriteria penggunaan browser saya berubah lagi yaitu harus bisa block iklan, tetap hemat data dan bisa memiliki fasilitas hapus data browsing yang cepat.

Setelah mencari lalu saya ketemu browser sesuai kriteria diatas dan itu ada pada browser Opera mobile. Saya lalu install dan sejauh ini cukup nyaman menggunakannya.

Ada beberapa situs penyedia aplikasi yang tidak bisa didownload dengan lancar di Opera ini. 

Setiap membuka halaman download maka lanjut membuka halaman yang berisi iklan, begitu seterusnya, sementara aplikasi yang dituju tidak terdowload juga saking banyaknya iklan yang muncul 😀
Terkait dengan data browsing, sudah hampir seminggu ini saya gunakan mesin pencari Duckduckgo.

Mereka mengklaim bisa melindungi privasi pemakainya dari pencurian informasi identitas saat melakukan browsing. Sayangnya indeks pencariannya tidak selengkap Google.

Jadi saya gunakan Duckduckgo untuk mengakses sosial media seperti Twitter, Instagram atau Facebook. Meski saya sendiri tidak yakin apakah data browsing tidak disimpan dan dipergunakan unruk hal lain oleh pemilik browser, tetapi setidaknya Duckduckgo sudah mengklaim bahwa browser mereka aman 😀

Browser lain juga mengklaim hal yang sama, jadi browser mana yang betul-betul aman? 🤔




Tidak ada komentar:

Posting Komentar