Translate

Bakso Babi, Enak dan Lezat

Kalau ditanya, bakso apa yang paling enak? Saya akan jawab, bakso babi! Ya, bakso dengan bahan dasar daging babi giling. Di Makassar, bakso babi ini biasa disebut dengan nyuknyang. Yang menjual adalah warung masakan cina yang ada di sekitar jalan Irian, jalan Timor, jalan Lembeh, jalan Bali, dan jalan Lombok.
Ada juga yang menjual di jalan Sungai Poso, di Balla Tamalanrea, dan jalan poros masuk Telkomas.

Bakso babi memang rasanya unik dan menggoda, berbeda dengan bakso sapi atau bakso ikan. Daging babi pada dasarnya memiliki lemak di bawah kulit, dan ini biasa dimasak bersamaan dengan daging. Pada masakan Toraja yang disebut Pa'piong, daging babi serta lemak dimasak dalam sepotong bambu bersama dengan daun miyana. Bisa juga dengan buah nangka atau sayur singkong.

Nah, jika anda jalan-jalan ke Tana Toraja, disana anda akan menemukan banyak warung bakso babi. Itu karena orang Toraja umumnya dikenal sebagai suku yang mengkonsumsi daging babi dalam berbagai upacara adat, mereka juga mayoritas beragama Kristen yang tidak mengharamkan daging babi.

Untuk menikmati bakso daging babi gampang saja. Semangkuk bakso yang terdiri dari sekitar 7 bulatan, daging cincang dicampur kanji, bisa dimakan dengan sambal/lombok botol serta kecap yang diletakkan di dalam piring kecil.
Jangan lupa masukkan perasan jeruk nipis. Untuk makanan pendampingnya, anda bisa menambahkan buras, ini untuk anda yang tidak bisa makan tanpa nasi.

Selamat menikmati bakso babi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar