Translate

Lembah Makki Yang Elok Nan Indah

Distrik Makki terletak di sebelah barat kota Wamena, kecamatan ini masuk ke dalam wilayah kabupaten Lanny Jaya Papua. Kota kecamatan ini bisa dijumpai saat kita berkendara menuju Tiom ibukota Lanny Jaya. Pemandangan di Makki ini sangat elok dan indah sehingga tidak heran jika aktor sekaligus sutradara Ari Sihasale memilih tempat ini menjadi salah satu lokasi shooting film Di Timur Matahari pada tahun 2012.

Kota kecamatan kecil ini sudah terkenal sejak zaman pendudukan Belanda, maka tidak heran jika penerangan berupa lampu listrik tenaga air sudah ada sejak dulu di daerah ini. Karena teknologi yang memanfaatkan arus air di sungai itu pula sehingga lampu listrik di wilayah itu bisa menyala selama 24 jam, hal inilah salah satu yang membedakan distrik Makki dengan wilayah lain disekitarnya.

Kondisi alam yang berbukit-bukit membuat udara di tempat ini terasa sejuk, selain tentu saja pemandangan alamnya yang indah. Ada dua cara yang bisa ditempuh untuk sampai di Makki, pertama dengan menggunakan pesawat kecil berpenumpng 5-7 orang dan kedua menggunakan mobil atau motor. Jika mengendarai mobil maka kita akan melalui jalan berbatu-batu serta berkelok, jika anda berminat mengunjungi wilayah ini maka gunakanlah kendaraan roda empat jenis dobel gardan yang mampu melewati tanjakan dan jalanan berbatu. Anda bisa juga menggunakan kendaraan motor jenis trail sehingga sesuai dengan kondisi jalan yang akan dilalui. 

Hingga kini tampaknya belum ada rencana dari pihak pemerintah daerah untuk menata jalan raya disana, seperti dengan pengaspalan misalnya, mungkin masih dalam rencana jangka panjang.


Photo ini diambil dengan kamera handphone 3 Mp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar