Translate

Ganti Popok

Salah satu perlengkapan yang penting bagi bayi yang baru lahir adalah popok. Seorang bayi bisa kencing dan buang air besar (bab) beberapa kali dalam satu hari. Jangankan satu hari, dalam beberapa jam saja, seorang bayi bisa menggunakan popok berkali-kali. Seperti manusia pada umumnya yang menginginkan kenyamanan, bayipun demikian jika ia kencing maka segera saja akan menangis untuk memberikan isyarat agar popk yang digunakannya segera diganti. Ia merasa terganggu dan tidak nyaman dengan situsi yang basah dan lembab, oleh karena itu ia akan segera menangis dengan sekeras-kerasnya jika dalam waktu yang lama popknya tidak diganti.

Jika si bayi lahir di musim kemarau maka popok yang digunakan bisa dicuci dan dijemur lalu kering dengan cepat, jadi persediaan popok tidak perlu terlalu banyak. Hal ini berbeda jika si bayi lahir di musim hujan, dimana pakaian yang telah dicuci akan lama proses keringnya akibat hujan yang turun terus menerus. Namun hal itu akan berbeda jika kita menggunakan mesin cuci, karena ada fasilitas pengeringan dalam mesin cuci tersebut walaupun tidaka sampai kering betul, tetapi setidaknya popk yang sudah dicuci sudah agak kering dan bisa disetrika.

Di masa lalu, para bayi hanya menggunakan popk yang terbuat dari kain, tetapi kini sudah banyak perusahaan yang memproduksi popok bayi dari bahan kedap air yang berbahan plastik dan bahan sintetis lainnya, popok jenis ini biasa disebut dengan pampers. Adanya popok ini dirasakan sangat membantu bagi para orang tua karena tidak perlu sering-sering mencuci popok. Sebuah popok bisa digunakan dalam waktu beberapa jam jika hanya untuk menampung air seni dari seorang bayi, tetapi berbeda jika menampung kotoran air besar, popok itu tentu segera harus diganti karena tidak bisa diserap oleh kandungan gel dalam popok. Walaupun popok semacam ini praktis dan mudah, tetapi tidak semua bayi cocok untuk menggunakannya. Beberapa bayi mengalami iritasi pada kulit saat menggunakannya.Selain itu sirkulasi udara tidak mengalir dengan lancar akibat rapatnya popok yang menggunakan perekat.

Untuk bayi yang baru lahir, lebih baik menggunakan popok dari bahan kain, meskipun repot dalam hal mencuci dan menjemurnya tetapi tidak menimbulkan efek iritasi pada kulit bayi. Untuk menyiasati dalam kerepotan itu, maka sediakan saja popok yang lebih banyak. Harganya juga tidak mahal, hanya dengan uang beberapa puluh ribu sudah bisa didapat satu lusin popok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar