Translate

Belanja Apa Di Pasar

Sebuah pasar swalayan terbesar di Indonesia baru saja dibuka di dekat tempat tinggal saya. Jarak dari rumah ke swalayan itu sekira 700 meter. Cukup dekat, naik motor bisa, jalan kakipun bisa untuk menuju kesana.

Sebenarnya sudah beberapa tahun lalu di sekitar rumah kami telah berdiri toko  swalayan yang berskala kecil. Jaringan toko swalayan ini bertebaran hampir di seluruh kota-kota besar di Indonesia. Tapi ada juga kota besar yang menolak keberadaan toko swalayan atau mart itu, salah satunya adalah Palu ibukota Sulawesi Tengah, entah apa alasan pemerintah daerah disana, yang jelas hingga kini belum ada mart-mart yang beroperasi disana.

Nah, berhubung pasar swalayan terbesar di Indonesia tadi baru buka, saya memutuskan untuk pergi jalan-jalan kesana. Biasanya jika ada toko baru yang dibuka, mereka memberikan diskon untuk berbagai produk kebutuhan sehari-hari. Sampai disana, saya lalu masuk ke toko dan melihat-lihat berbagai macam produk yang dipajang di rak. Saya membeli sabun cuci, sabun mandi, amplop, daging ayam fillet, pelembut pakaian, dan cemilan. Suasana di dalam toko tentu ramai berhubung baru dibuka. Pelayanan disana, standarlah seperti pelayan yang menyapa dengan ramah sambil menawarkan berbagai produk.
Setelah itu saya menuju kasir dan membayar belanjaan tadi. Kemudian menuju tempat parkir untuk mengambil motor lalu kembali menuju ke rumah.

Di perjalanan saya berpikir, sebenarnya pasar swalayan semacam itu cocoknya hanya sebagai tempat berbelanja keperluan sehari-hari seperti sabun, sampo, produk kecantikan bagi wanita, mungkin juga barang elektronik. Untuk kebutuhan makan sehari-hari mendingan beli di pasar tradisional, karena di pasar tradisional segala jenis sayuran, ikan atau daging tersedia. Selain itu tawar menawar harga bisa dilakukan dengan penjualannya, sedangkan di pasar swalayan tidak, karena setiap produk sudah diberi label harga. Kelebihan pasar swalayan karena kita belanja di dalam ruangan berpendingin udara dan bersih. Meskipun di pasar tradisional rungannya tidak pakai AC, tapi jumlah barang yang anda beli bisa lebih banyak dan beragam. Lebih penting lagi harganya bisa ditawar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar