Translate

Batuk Dan Etikanya

Bagi orang Indonesia, musim hujan identik dengan air yang melimpah dan banjir. Hal itu bisa disaksikan lewat berita televisi tentang suasana banjir yang melanda beberapa wilayah di Aceh, Jakarta dan Bandung. 

Musim hujan membuat udara menjadi dingin dan lembab, hal ini mengakibatkan berkembangnya virus penyebab berbagai penyakit yang bisa menghinggapi siapa saja. Salah satu penyakit musim hujan yang populer yaitu batuk. Gejala batuk yang paling umum dijumpai yaitu bersin. Saat memasuki musim hujan maka penderita batuk disertai bersin menjadi meningkat. 

Saya tidak akan memnbahas tentang penyebab penyakit batuk ini lebih jauh karena saya tidak ahli dibidang itu alias bukan dokter. Tetapi jika anda masih penasaran juga untuk lebih tahu tentang penyakit batuk, silahkan membuka search engine Google. Pada mesin pencari segala informasi terbesar sejagat raya itu, anda akan menemukan ribuan bahkan mungkin jutaan tulisan tentang batuk, penyebab, dan cara mengobatinya.

Yang menarik dari batuk itu bagi saya adalah ternyata ada juga etika yang harus diketahui jika anda sedang mengidap sakit batuk. Informasi tentang etika batuk saya dapatkan saat berada di rumah sakit Universitas Hasanuddin Makassar. Saat melintas menuju ke toilet, di sebuah dinding ditempel tulisan beserta gambar ilustrasi tentang etika batuk.

Karena penasaran, saya lalu menghampiri tulisan yang bersifat himbauan itu agar bisa membaca dengan lebih jelas apa saja etika batuk yang dimaksud. 
Berikut ini Etika Batuk yang mungkin terkesan sepele, namun jika dilaksanakan dengan benar maka anda termasuk orang yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan lingkungan di sekitar kita dengan tidak menularkan penyakit pada orang lain.

Etika Batuk tersebut sebagai berikut:
1. Saat batuk, tutup mulut dan hidung dengan tissue.
2. Jika tidak ada tissue, tutuplah mulut dan hidung dengan tangan atau lengan baju anda.
3. Buanglah tissue pada tempat sampah yang tersedia.
4. Cucilah tangan setelah batuk atau bersihkan dengan air mengalir, atau bersihkan dengan larutan yang mengandung alkohol.

Anak yang sedang batuk (foto: health.detik.com)
Nah demikian etika tentang batuk yang sebenarnya sudah banyak diketahui, termasuk anda dan orang lain di sekitar anda, namun terkadang jarang dilakukan hanya karena malas atau menganggap sepele penyakit batuk. Bagi anda yang sedang batuk-batuk, semoga lekas sembuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar